Menelisik Sejarah Korea Utara dan Korea Selatan

Buat kamu-kamu pasti pernah bertanya-tanya kenapa sih kok ada Korea Utara sama Korea Selatan ? Mereka kan sama banget dari segi bahasa, budaya, ras, dll. Kenapa Korea itu ga bersatu aja sih ?

korea

Oke, saya akan menjelaskan sedikit asal muasal munculnya kedua Negara tersebut.

Kata kuncinya adalah adanya “Perbedaan Ideologi” akibat dari pengaruh dari Negara adidaya.

.

-Sejak berabad abad silam.

Ras dan Suku Korea telah ada dan hidup sebagai satu kesatuan yang terpisah dari suku china dan jepang. Mereka menyadari bahwa dirinya berbeda dengan Suku China dan Suku Jepang, sehingga dibuatlah suatu Negara yang wilayahnya terletak diantara China dan Jepang.

-Pada Tahun 1919, Jepang mulai melakukan ekspansi kekuasaan terhadap Negara-negara didunia termasuk Indonesia dan Korea.

Pada saat itu dibawah rezim kekaisaran jepang mengalahkan dan menguasai banyak Negara salah satunya adalah Korea. Korea dijajah untuk dijadikan bagian dari bangsa jepang. Jepang melakukan ekspansi besar-besaran terhadap Negara lain didunia, serangan besar terjadi ketika jepang menyerang pangkalan militer USA di Pearl Harbour, Hawai. Seketika itu Perang Dunia II pecah, USA dan Sekutunya sangat geram kepada Jepang. Hingga pada tahun 1945, Dua kota besar Jepang di BOM atom oleh sekutu dan Pihak Jepang mengumumkan kekalahannya dalam perang tersebut.

-Pada tahun 1945, Terjadi kekosongan kekuasaan atas Negara jajahan Jepang.

Setelah jepang mengumumkan kekalahannya pada PD II, Pasukan sekutu menyisir Negara-negara jajahan jepang yang bertujuan untuk menumpas seluruh tentara jepang. Ketika terjadi kekosongan kekuasaan pada saat itu pasukan sekutu dan Uni Soviet selaku rival pasukan sekutu mulai menginvasi ke Negara Korea. Pasukan Sekutu menyisir Negara Korea dari daerah Selatan dekat dengan jepang, sementara Uni Soviet menyisir Negara Korea dari daerah Utara dekat dengan negaranya yang sekarang kita kenal dengan Negara Russia. Kita tahu bahwa Sekutu memiliki Ideologi Kapitalisme sedangkan Uni Soviet memiliki Ideologi Komunisme. Keduanya saling bertolak belakang dan telah melakukan perang dingin sejak lama. Penyisiran kedua pasukan adidaya tersebut bertemu di Lintang 38o yang sekarang menjadi batas antara Korea Utara dan Korea Selatan. Pada saat itu kedua wilayah memiliki pemerintahan sendiri, disebelah Utara Korea dipimpin oleh Kim il sung dan daerah Selatan Korea dipimpin oleh Lee Seungwan. Pada saat itu adalah awal mula terpecahnya Negara Korea menjadi dua Negara yang berbeda yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Perbedaan ideologi yang disebarkan oleh Sekutu dan Uni Soviet dapat diterima oleh masing-masing wilayah yang diinvasinya mengakibatkan rakyat Korea merasakan perbedaan antara mereka sendiri.

korea batas

-Pada 25 Juni 1950, Perang Korea pecah.

Sebagai akibat dari perbedaan ideologi yang dirasakan oleh kedua Negara, dan keduanya saling mengklaim bahwa negaranyalah yang lebih baik ternyata menimbulkan pertikaian. Perang tersebut berlangsung selama 3 tahun antara 1950-1953 sampai kedua Negara tersebut memutuskan untuk melakukan gencatan senjata (Istirahat Perang). Selama periode gencatan senjata keduanya mulai menata Negaranya masing-masing setelah mengalami kehancuran yang berarti, Korea Selatan membangun Negara dengan sistem pemerintahan Presidensil yang bercorak Demokrasi mengadopsi sistem pemerintahan Negara paman sam. Kedua Negara sebenarnya sudah merasa bosan dengan perang hingga periode gencatan senjata bablas sampai sekarang. Negara Korea Utara masih sangat benci dengan Negara Korea Selatan, hingga pemerintah dan para orang dewasa mendoktrin generasi penerusnya bahwa Korea Selatan itu Negara yang sangat Miskin. Korea Utara sejak dahulu begitu tertutup terhadap Negara lain karena pemimpinnya yang sengaja mengisolasi rakyatnya agar tetap tunduk padanya. Korea Selatan dapat berkembang pesat dan tumbuh menjadi Negara yang sangat maju karena Negara ini sangat terbuka dengan Negara lain di dunia. Korea Selatan maju dari segi perekonomian, Pendidikan, Industri, dan Infrastruktur. Sementara Korea Utara tidak menunjukan pertumbuhan yang signifikan, bahkan dapat dikategorikan sebagai Negara yang ketimpangan sosialnya begitu tinggi, infrastruktur kurang baik, pemerintahan yang diktator mengakibatkan rakyatnya begitu terbelenggu. Agar terlihat kuat, pemerintah Korea Utara terus mengancam dunia internasional dengan program nuklirnya.

korea women

-Pada tahun 2018, Korea Utara dan Korea Selatan Berdamai.

Setelah lama bertikai, akhirnya pada tahun 2018 kedua pemimpin Negara tersebut menyusun program perdamaian. Kim Jong Un(Korea Utara) dan Moon Jae In(Korea Selatan) bertemu di pintu perbatasan sebagai petanda bahwa kedua Negara telah berdamai. Kim jong un dan Moon Jae In merupakan pemimpin pertama dari generasi pemerintahan kedua negara yang pernah menginjakan kaki ke Negara musuh. Nampaknya Kim Jong Un tidak ingin rakyatnya begitu terisolasi dan terbelenggu. Namun protes dari sebagian rakyat di kedua Negara tetap berkobar disisi lain ada sebagian warganya juga mendukung agar Korea Utara dan Korea Selatan bersatu menjadi satu Negara. Ini telah berlalu, mudah-mudahan tetap seperti ini, dimana kedua Negara tidak lagi was-was dengan serangan. Keduanya bias hidup damai.

Writter : Rizki Pramayuda.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s